Thursday, January 8, 2015

Bayi dan Popok

Posted by Unknown at 12:54 AM



Ketika baru lahir, sebaiknya bayi hanya mengenakan popok kain biasa atau sering dikatakan popok kain tradisional (popok berulang kali pakai). Selain itu, boks bayi sebaiknya diberi alas, berupa perlak, sehingga kotorannya tidak membasahi atau mengotori kasur.

Setelah usia di atas 1 bulan, bunda bisa memakaikan celana katun, sehingga kulit si kecil bisa lebih leluasa bernafas. Secara perlahan, mulailah memperkenalkan konsep toilet training.
Pemakaian popok sekali pakai bisa digunakan sesekali saja, seperti saat bepergian. Di negara tropis seperti Indonesia, pemakaian popok sekali pakai akan membuat bayi merasa tidak nyaman, panas, dan lembab. Akibatnya berpotensi mengiritasi kulit dan menyebabkan jamur tumbuh dengan suburnya, sehingga terjadilah ruam kulit.

Saat musim penghujan, cuaca dingin mengakibatkan bayi lebih sering buang air kecil daripada biasanya, hal ini akan membuat popok kain biasa menumpuk dan susah keringnya. Bunda bisa mengakalinya dengan memakaikan popok kain modern (clodi). Clodi didesain untuk menampung kurang lebih 2-3 kali pipis tergantung pada masing-masing bayi. Banyak sekali model clodi, seperti untuk newborn dibuat dengan model cover. Sehingga apabila covernya masih bersih, bunda cukup mengganti insertnya saja  dengan insert yang baru. Penjemuran diaper cover juga lebih cepat kering karena hanya terdiri dari lapisan PUL yang cukup diangin-anginkan saja.
Ingin tahu lebih banyak tentang clodi? baca di sini

0 comments:

Post a Comment

 

Seputar Parenting Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea